Artikel
Mesin Mobil | Tips Mengatasi Mobil Yang Susah Dihidupkan
Artikel
Mesin Mobil | Sulit di-starter
dimana mesin tidak bisa hidup kerap menjadi momok tersendiri bagi mobil pribadi
seseorang, ditambah jika ternyata si pemiliknya sama sekali tidak mengerti
bagaimana merawat mobil. Jangan sampai Anda menjadi salah satu diantara mereka
yang tidak mengenal teknologi, kaarena mati mesin sering terjadi di saat Anda
sama sekali tidak mengharapkannya (seerti menjelang rapat penting). Oleh karena
itu, simak tips-tips berikut ini.
Pertama kali yang perlu anda ketahui mengenai
sistem kelistrikan mobil, konvensional ataukah mobil modern yang telah
menggunakan CDI (dalam arti serba elektronik). Bila mobil Anda sudah
menggunakan sistem serba elektronik, hindari untuk membetulkannya secara manual
disebabkan sistem ini membutuhkan ahli mekanik yang handal serta peralatan yang
hanya terdapat di bengkel-bengkel mobil.
Biasanya terdiri dari dua hal penyebab mobil
tidak bisa dinyalakan atau di starter, pertama disebabkan karena aki yang sudah
dalam kondisi kurang bagus sistem kelistrikannya. Kedua disebabkan karena
supply listrik pada dinamo pada sistem pengapian konvensional. Platina mungkin
telah tidak baik. Jika teknologi yang lebih maju, mungkin disebabkan CDI.
Apabila sudah masalah CDI, harus ke bengkel karena termasuk rumit dan sulit
ditangani sendiri. Di permukaan atas dari aki ada indikator yang menunjukkan
kondisi terakhir pada aki. Bisa memperlihatkan kondisi aki bagus/rusak, atau
air aki kosong. Kalau sudah diperiksa tapi mobil masih tidak dapat dihidupkan
juga, maka hal itu bisa jadi disebabkan karena platina dan kondensor. Masalah
biasanya pada plat yang terdapat pada platina. Jika tonjolannya sudah kusam
berarti menandakan tidak bisa menangkap percikan listrik. supaya platina bisa
kembali berfungsi dengan baik, gunakan amplas untuk menghapus debu/flek yang
menempel.
Jika sudah selesai, pasang kembali pada posisi
semula. Platina yang sudah dibersihkan biasanya akan mampu memancing percikan
api sehingga kembali besar, kalau tidak, berarti platina sudah tidak bisa
dipakai dan harus diganti.Langkah berikutnya adalah melakukan pemeriksaan boks
sekring. Perhatikan apakah sekring yang sudah terpasang masih utuh atau tidak.
Kalau kawat sambungannya telah putus, berarti sekring sudah harus diganti.
Untuk keadaan darurat, Anda dapat memakai kawat atau serabut kabel untuk
dipasang sementara pada sekring tersebut. Hal ini tidak direkomendasikan
sebagai solusi permanen, karena itu ganti secepatnya dengan membawa mobil ke
bengkel.
Artikel Mesin Mobil |
Tips Mengatasi Mobil Yang Susah Dihidupkan
Hal terakhir yang terkadang menjadi penyebab
mesin mobil tidak dapat di-starter adalah karena suplai bahan bakar/udara yang
kurang pada sistem karburator (dalam hal ini berarti saringan karburator
kotor). Periksa saringannya, cabut filter-nya dan bersihkan dengan kuas atau
sikat gigi. Hindari menggunakan alat pemanas seperti hair-dryer serta
sejenisnya, karena hal tersebut bisa merusak dinding saringan udara. Kalau
semuanya stelah dilakukan serta tidak terdapat perkembangan, tidak bisa tidak,
bawalah mobil Anda ke bengkel terdekat. Mungkin, kerusakan bukan hanya pada aki
atau platina Anda.
Artikel Otomotif
Ada 3 sekerup
di karburator yang memegang peran penting membuat mesin bensin menjadi optimal.
Berikut ini 6 cara menyetel karburator mobil.
1. Sekrup idle up dikendorkan tetapi AC dihidupkan.
Penyetelan berhenti ketika sekrup itu tidak bisa lagi merendahkan RPM mesin.
2. Sekerup RPM mesin diturunkan RPM sampai sekitar
500, atau sampai tidak mati saja.
3. Sekarang mulaid engan menyetel sekrup idle
(campuran udara dan bensin). Putar sekrup ini ke kiri sampai nyaris mati.
Kemudian kembali ke kanan sampai nyaris mati juga. Setelah itu putar
perlahan-lahan mencari RPM tertinggi. Saat itulah kita akan menemukan campuran
bensin dan udara terbaik.
4. Setelah menemukan campuran terbaik, sekarang
setelah sekrup RPM sampai 700, 800, atau 900 sesuai permintaan pembuat mesin.
5. Sekarang baru menyetelah sekrup idle up AC.
Hidupkan AC, pasti RPM sudah berkurang, turun dari semula. Sekarang stel sekrup
idle up sampai mencapai RPM, biasanya 900 atau 1000.
6. Coba AC dimatikan, apakah sekarang RPM idle ke RPM
yang diinginkan
This entry was posted in ARTIKEL OTOMOTIF and tagged cara menyetel karburator mobil, karburator mobil, tahapan penyetelan karburator
mobil on 09/05/2012.
Pemeriksaan poros gardan dibagi
menjadi 3 bagian yaitu;
a. Pembongkaran
- Lepas sambungan universal dair diferensial dan bantalan penyangga tengah dari rangka kemudian lepaskan poros propeller
- Sebelum melepaskan poros propeller dari flens penyambung jangan lupa untuk member tanda pemasangan.
- Masukkan peralatan khusus ke dalam ujung belakang dari rumah transmisi untuk mencegah kebocoran oli.
- Siapkan poros propeller di atas bangku kerja
- Beri tanda pemasangan flens yoke dan poros propeller.
- Lepaskan map ring dan buka bantalan spider/ jarum bagian belakang.
- Buka dan lepas snap ring dari bantalan jarum/spider bagian depan.
- Tekan ujung yang satu dari bantalan jarum dengan ragum dan soket ukuran 14 mm dan 21 mm sehingga sisi lainnya dari batnalan jarum masuk ke dalam soket ukuran 21 cm
- Pukul poros propeller hingga bantalan jarum ditarik keluar dan jaga bantalan tidak boleh berjatuhan.
b. Pemeriksaan
- Cuci bagian yang dibongkar dan periksa kemungkinan rusak aus atau berkarat.
- Periksa bagian yang diberi nomor kemungkinan aus, rusak dan berubah bentuk
- Yoke sambungan dnegan selubung periksa bagian -bagian yang mungkin aus, rusak dan berubah bentuk.
- Periksa yoke flens sambungan universal kemungkinan aus dan rusak.
c. Perakitan
- Pasang komponen-komponen poros propeller sesuai nomor urutnya.
- pasang pada sipder pada Yoke dengan menggunakan peralatan khusus dan ragam atau alat pengepres yang lebih dahulu dipasang pada bantalan pada salah satu bagian spider dengan cara yang sama.
- Sesudah dipsang, pemeriksa kehalusan putaran dengan jalan memutar selubung atau flens yoke ke kiri dan ke kanan.
- Pasang poros dengan kelengkapan setelah tanda-tanda pemasangan yang dibuat waktu melepas dicocokkan.
- Pada waktu memasang poros propeller 3 sambungan, pertama-tama setel posis bantalan tengah dalam kendaraan tanpa beban.
- Cocok garis tengah bantalan harus tegak lurus pada garis tengah poros tengah.
- Setel selesai pemasangan bagian sambungan univesal, selubung yoke yang masuk ke dalam transmisi harus diberi minyak pelumas
- Keraskan baut pengikat menurut spesifikasinya.
This entry was posted in ARTIKEL OTOMOTIF and tagged cara memeriksa poros gardan.
poros gardan,tahapan memeriksa poros gardan
1. Rel Axle Housing, bagian ini dapat dikatakan
sebagai tumpuan berat muatan mobil, karena letaknya dibagian roda belakang,
khususnya pada mobil muatan atau minibus.
2. Gasket. Bagian yang digunakan untuk menghambat
kebocoran oli gardan bagian ini juga penting. Kalau bocor akan mengakibatkan
pelumasan pada gigi gardan tidak sempurna yang buntutnya kerusakan pada gigi
gardan
3. Differential Carrier. Gigi differential dipasang
pada bagian ini. Untuk penyetelan ulang atau penggantian gigi baru bagian ini
delepaskan dari differential housing.
4. Differential RIng gear dan drive pinion gear kit.
Dinamakan kit karena untuk memperbaiki differential cukup dengan mengganti
bagian bagian ini.
5. Bagian dari differentian carrier ini untuk
memancing salah sisi dari bearing ring gear.
6. Kedua bearing yang mengancing drive shaft ini harus
diganti kalau waktu membongkar tampak ada titik titik hitam atau sudah berwarna
kehitaman.
7. Oil Seal yang terletak di bagian ujung dari
differential housing ini berfungsi mencegah agar oli tidak habis. Kalau ANda
menemukan di sekitar bagian ini ada basah akibat rembesan oli sebaiknya segera
mengganti seal baru.
8.Universal joint Flange ini adalah bagian yang
meneruskan putaran propeler shaft differential disamping itu ia juga berfungsi
sebagai penyumbat agar oli tidak keluar.
9. Differential pinion atau montir menyebutnya gigi
satelit. Gigi ini yang mengatur supaya pada saat mobil menikung kecepatan roda
kiri dan kanan bisa saling menyesuaikan diri.
10. Mur pengancing drive shaft ini sering kurang
diperhatikan. Tidak terlintas untuk memeriksa apakah masih terkancing dengan
baik terutama pada mobil muatan.
This entry was posted in ARTIKEL OTOMOTIF and tagged bearing pengancing, differensial ring gear, drive pinion gear kit, fungsi gasket, gardan mobil, gasket, rel axle housing on 09/05/2012.
Fungsi dan cara kerja komponen injeksi Bahan bakar
bensin elektronik atau sistem EFI terdiri dari dua sistem utama yaitu sistem
bahan bakar, sistem induksi udara.
a. Sistem Bahan Bakar
Sistem Bahan Bakar berfungsi untuk menyalurkan bahan
bakar dari tangki ke ruang bakar.
Komponen sistem bahan bakar terdiri atas:
1. Pompa Bahan Bakar
Pompa bahan bakar berfungsi untuk menyalurkan bahan
bakar dari tangki ke injektor. Pompa bahan bakar yang digukanan adalah pompa
bahan bakar listrik.
2. Fuel Pulsation Damper
Fuel pulsastion damper berfungsi sebagai penyerap
perubahan tekanan pada saluran tekanan karena adanya injeksi. Tekanan bahan bakar
dalam intake manifold dipertahankan oleh pressure regulator.
3. Pressure Regulator
Pressure regulator berfungsi mengatur tekanan bahan
bakar ke injektor-injektor. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan diatur oleh
sinyal yang diberikan ke injektor sehingga tekanan harus tetap pada tiap tiap
injektor. Untuk mendapatkan jumlah penyemprotan yang tepat, tekanan bahan bakar
harus dipertahankan lebih kurang 2,55 kg/cm2.
4. Injektor
Injektor adalah sebua nozzle elektromagnetik yang
kerjanya dikontrol oleh komputer. Injektor dilengkapi dengan heat insulator
pada saluran masuk atau pada kepala slinder yang dekat dengan lubang pemasukan.
5. Cold Start Injektor
Cold start injektor digunakan untuk mensuplai
bahan-bahan pada saat suhu motor masih rendah. Injektor ini dipasang di bagian
tengah ruangan udara masuk. Injektor bekerja hanya pada saat start bila
temperatur air pendingin di bahwa 220 celsius.
This entry was posted in ARTIKEL OTOMOTIF and tagged cold start injektor, fuel pulsation damper, fungsi cara kerja injeksi, injektor, pompa bahan bakar, pressure regulator, sistem bahan bakar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar